Mengenal PAUS, Hewan Besar Dilautan Hasil Evolusi

Mengenal PAUS, Hewan Besar Dilautan Hasil Evolusi

Paus adalah sebutan bagi mamalia yang hidup di lautan anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Hasil penelitian para ahli pada fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku dan di perkirakan dari hewan sejenis Mesonychid, yaitu sejenis Serigala yang mendiami pesisir pantai yang dengan perlahan menghuni lautan sekitar 50 juta tahun yang lalu. Memungkinkan juga berasal dari Ambulocetus, yaitu mamalia seukuran anjing laut namun memiliki panjang sekitar 3 meter.

Ciri-ciri Paus antara lain, bernapas dengan paru-paru, berdarah panas, mempunyai rambut (sedikit, kebanyakan ada di paus dewasa), mempunyai jantung dengan empat ruang, serta memiliki kelenjar susu. Semua hewan mamalia memiliki kebutuhan tidur, meski masih menjadi perdebatan beberapa peneliti meyakini bahwa paus dapat tidur sambil berenang, yaitu sebagian otak tidur dan sebagian otak bekerja untuk mempertahankan diri agar tidak tenggelam.

Terdapat sekitar 88 spesies yang terbagi kedalam 3 Parvordo dari bangsa Cetacea, namun sebagian spesies mamalia yang kerap di panggil ikan ini telah punah.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
InfrakelasEutheria
SuperordoLaurasiatheria
OrdoArtiodactyla
SubordoWhippomorpha
InfraordoCetacea (Brisson, 1762)
ParvordoMysticeti
Odontoceti
Archaeoceti (punah)

Catatan
  • Paus biru merupakan jenis terbesar dengan bobot dapat mencapai 150 ton dengan panjang hingga 30 meter,
  • Paus dapat melakukan perjalanan hingga 20 knot,
  • Paus termasuk hewan yang dilindungi di dunia dan beberapa spesies yang masih ada masuk kedalam peringatan (hampir punah) IUCN.


EmoticonEmoticon