Ikan Hias Air Tawar Black Ghost

Ikan Hias Air Tawar Black Ghost

The black ghost knifefish (Apteronotus albifrons) adalah ikan tropis yang berbentuk unik yang berasal dari habitat air tawar di kawasan Amerika Selatan dari Venezuela hingga Sungai Paraguay, termasuk wilayah Amazon. Hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam kecuali corak dua cincin berwarna putih pada ekornya, dan sedikit bercak putih di hidungnya yang terkadang dapat meluas menggaris ke bagian punggungnya. Panjangnya akan mencapai 50 cm (20 inci).

Ikan hias yang panjang tubuhnya dapat mencapai 50 cm ini mampu berenang atau bergerak maju dan mundur, oleh sebab itu ikan Black Ghost seringkali disebut akan tari balet. Tidak sedikit pula yang menyebutnya sebagai ikan bulu ayam, karena bentuk tubuhnya yang mirip bentuk dari bulu ayam.

Ikan Black ghost termasuk ikan listrik lemah yang dihasilkan dari motor listrik dan sistem electrosensory yang dimilikinya. Sementara beberapa ikan hanya dapat menerima sinyal-sinyal listrik, para ghostfish hitam dapat memproduksi dan merasakan impuls listrik. Elektrogenesis terjadi ketika organ listrik khusus yang ditemukan di ekor ikan menghasilkan sinyal listrik, yang disebut sebagai pelepasan organ listrik (EODs). Kemudian, untuk EODs ini untuk dirasakan oleh ikan, electroreception terjadi ketika kelompok sel-sel sensorik tertanam di kulit, yang dikenal sebagai organ-organ electroreceptor, mendeteksi perubahan listrik. EODs digunakan untuk dua tujuan utama antara lain electrolocation dan komunikasi.

Karena keindahan bentuk tubuh dan pergerakannya, Black ghost menjadi ikan hias populer yang dipelihara didalam aquarium. Pada umumnya ikan yang seringkali bersembunyi dan menyukai celah-celah bebatuan ini disatukan dengan jenis atau spesies ikan hias lainnya didalam aquarium.

Klasifikasi Ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderGymnotiformes
FamilyApteronotidae
GenusApteronotus
SpeciesA. albifrons
Binomial nameApteronotus albifrons (Linnaeus, 1766)


EmoticonEmoticon